Cara Memelihara Kelinci Agar Sehat

Berikut ini langkah-langkah dalam merawat kelinci dengan benar :

Makanan Kelinci

Makanan favorit hewan yang satu ini adalah sayur-mayur dan umbi-umbian, seperti kangkung, wortel, kol, sawi, daun ketela rambat, dan sebagainya.

Sayuran atau umbi-umbian untuk makanan kelinci harus layu karena sayuran atau umbi-umbian yang layu pasti kadar airnya sudah menurun. Caranya agar sayuran atau umbi-umbian cepat layu adalah sayuran atau umbi-umbian dijemur terlebih dahulu sampai daun berwarna kekuning-kuningan.

Kelinci juga dapat diberi makan pelet ikan jika kita tidak punya waktu untuk menjemur sayuran atau umbi-umbian. Selain pelet ikan, pelet yang khusus untuk kelinci juga sudah banyak tersedia di supermarket atau petshop.

Jadwal Makan Kelinci

Waktu yang tepat untuk memberi makan kelinci sekitar jam 18.00-07.00. Karena kelinci lebih suka makan pada waktu malam hari. pagi harinya, kita bisa melepas kelinci peliharaan kita agar kelinci bisa bermain dan makan makanan yang ada di sekitarnya. Selain itu, kita juga bisa membersihkan kandang kelinci.

Membersihkan Kandang Kelinci

Hal yang paling membuat kita males saat memelihara kelinci adalah membersihkan kandang secara teratur. Terkadang, kita sangat rajin membersihkan kandang pada saat awal-awal memelihara kelinci. Namun, selanjutnya kita lebih sering lupa atau males untuk membersihkan kandang kelinci. Hal ini berakibat sangat fatal terhadap kesehatan kelinci.

Kelinci bisa terkena penyakit gudiken atau berjamur di badannya, terutama di bagian hidung dan telinganya. Oleh karena itu, jika kita sudah memutuskan untuk memelihara kelinci, kita wajib membersihkan kandang kelinci setiap hari secara teratur.

 

Advertisements