15 Kesalahan Utama Pemilik Anjing

 

  1. Tidak Menyadari Obesitas
    Banyak pemilik anjing yang tidak sadar bahwa anjingnya kegemukan (Obesitas). Kebanyakan pemilik anjing ingin anjingnya cepat besar sehingga  diberi makan dengan jumlah yang melebih porsinya dan hal ini menyebabkan anjing menjadi kegemukan bukan cepat tumbuh. Bicaralah dengan dokter hewan tentang berat yang seimbang untuk anjing anda. Peraturan yang baik untuk kebanyakan jenis anjing adalah mereka harus cukup langsing untuk memiliki pinggang yang dapat dilihat dari atas, tetapi tidak kurus hingga kelihatan tulang rusuk mereka.

    2. Mendukung Perilaku Buruk
    Anda harus menentukan ekspektasi anda dihari pertama anda bertemu dengan anjing baru anda. Menomplok, mengejar dan menggigit adalah hal-hal yang lucu ketika mereka masih merupakan seekor anak anjing, tetapi sama sekali tidak lucu ketika mereka tumbuh dewasa. Tidak adil jika anda merubah peraturan pada akhirnya.

    3. Tidak Membersihkan dengan Baik
    Ketika anjing anda secara tidak sengaja membuang kotoran di dalam rumah, hal tersebut merupakan hal yang vital untuk langsung membersikannya. Walaupun anda sudah memungut atau membersihkan kotoran tersebut, biasanya masih meninggalkan jejak yang tidak terlihat oleh mata. Masalahnya adalah, meskipun anda tidak dapat melihatnya dengan mata telanjang, anjing anda dapat mencium baunya, dan bau tersebut mengajarkan anjing anda untuk membuang air di tempat tersebut kembali. Gunakanlah pembersih enzyme (atau campuran setengah cuka dan setegah air jika anda tidak keberatan dengan baunya) untuk mengenyahkan bau tersebut.

    4. Tidak Konsisten
    Anjing-anjing mengerti “selalu” dan “tidak pernah”. “Terkadang” merupakan konsep yang asing bagi mereka. Jika anda tidak ingin anjing anda menomplok anda ketika ia sedang berlumpuran dan anda sedang memakai gaun, jangan biarkan ia  menomplok anda ketika ia sedang bersih dan anda menggunakan jeans lama anda. Jika anda tidak ingin anjing anda duduk diatas kursi ketika anda tidak bersamanya, jangan biarkan ia duduk diatas kursi ketika anda berdua dengannya. Jika anda tidak ingin anjing anda berlarian di taman setelah seharian anda merawat dan menyianginya, jangan biarkan ia berlari di taman bahkan ketika anda menelantarkan taman tersebut selama seminggu atau dua minggu atau lebih. Selalu dan jangan pernah, bukan kadang boleh dan kadang tidak boleh.

    5. Terlalu Banyak Cemilan
    Ingatlah bahwa setiap jenis cemilan yang anda berikan kepada anjing anda merupakan bagian dari asupan kalori harian mereka. Jika anda memberi makan anjing anda dengan makanan pengelola berat badan dan memberi olahraga setiap harinya, tetapi anda dan keluarga anda terus menerus memberikan cemilan berkarbohidrat tinggi, maka berat badannya akan terus bertambah. Berikanlah cemilan seminimum mungkin, dan cobalah cemilan sehat seperti potongan apel atau bayi wortel.

    6. Tidak Bersosialisasi
    Setelah anjing anda divaksinasi penuh, ia seharusnya memiliki kesempatan untuk bertemu sebanyak mungkin orang dan sebanyak mungkin anjing. Semakin anda mensosialisasikan anjing anda, semakin ia merasa nyaman di berbagai situasi. Sosialisasi yang baik akan mengajarkan anjing anda, bahwa tidak ada alasan untuk menjadi malu, takut ataupun agresif. Bawalah ia ke dokter hewan untuk mengenal tempat tersebut, dimana ia tidak akan mendapat suntikan maupun desakan. Bawalah ia ke taman anjing. Bawalah ia ke restoran yang mengijinkan keberadaan anjing. Semua pengalaman ini mematangkan dan memperluas pengetahuan anjing.

    7. Tidak Cukup Stimulasi Mental
    Anjing yang bosan mendapatkan masalah dan hal itu bukan kesalahan mereka. Berikan anjing anda waktu untuk menyibukkan dirinya dan anda akan terkejut sebaik apakah mereka bersikap. Mainan interaktif merupakan mainan yang fantastis karena mereka mendukung anjing anda untuk bermain sendiri. Cobalah mainan seperti Buster cube yang mengeluarkan cemilan seiring anjing anda bermain, mendorong anjing anda untuk menggunakan keahlian menyelesaikan masalah mereka.

  2. Ekspektasi yang Tidak Realistis
    Setiap anjing memiliki kepribadian yang unik. Anda tidak dapat mengharapkan anjing anda belajar bagaimana cara menjadi seorang pria yang sopan dalam waktu semalam, dan marah ketika ia tidak marah. Masukanlah anjing anda ke dalam kandang ketika anda tidak berada dirumah setidaknya dalam setahun, hingga ia dapat mempelajari aturan-aturan di dalam rumah. Bawalah ia keluar setiap waktu hingga anda yakin bahwa ia mengerti aturan main rumah anda. Janganlah menjadi frustasi ketika ia tidak mengerti setiap trik yang tertulis di dalam buku ketika ia berusia dua tahun. Beberapa anjing memiliki sifat “anak anjing” dalam diri mereka hingga tahun ketiga bahkan tahun keempat mereka. Ingatlah, ia hanya seekor anjing, ia tidak mengerti segala sesuatu, sebelum anda mengajarkannya terus menerus.

    9. Tidak Cukup Latihan
    Jika anda merasa anjing anda memiliki “masalah perilaku” atau “tidak dapat dilatih” cobalah untuk membuatnya kelelahan. Ia mungkin memiliki energi berlebih yang tidak terbakar habis. Bawalah ia untuk berjalan jauh setiap harinya, bawalah ia ke taman anjing, atau biarkan ia menarik anda ketika anda bermain skateboard. Bermainlah dengannya setiap hari dan anda akan terkejut akan perbedaannya.

    10. Terlalu Banyak Waktu Sendiri
    Hal ini sejalan dengan “tidak cukup latihan” dan “tidak cukup stimulasi mental”. Jika anjing anda bersikap benar-benar membutuhkan, mungkin ia menghabiskan terlalu banyak waktu sendirian. Apakah ia berada di dalam kandang selama 8 jam pada hari kerja anda? Cobalah untuk pulang kerumah ketika jam makan siang, mintalah bantuan teman anda untuk menjaganya, atau gunakanlah jasa pejalan anjing. Anjing tidak boleh dikurung lebih dari 6 jam.

    11. Disiplin yang Tidak Benar
    Menemukan genangan air di lantai dan mencari anjing anda lalu mendisiplinkan dia adalah hal yang sama sekali tidak efektif dan tidak produktif. Jika anda tidak menangkap basah anjing anda, maka lupakanlah untuk mendisiplinkannya, karena ia tidak mengerti apa yang telah ia lakukan sehingga ia pantas mendapat pendisiplinan. Juga, jangan pernah memukul anjing anda ketika anda marah. Dokter-dokter hewan dan pelatih professional akan memberikan jawaban yang berbeda-beda tenang apa yang efektif atau bahkan tidak masalah untuk menyentil anjing anda pada taringnya dengan koran atau berikan pukulan ringan di hidungnya, hal tersebut bergantung pada keputusan anda dan filosofi pelatihan yang anda pilih untuk anda percayai. Bagaimanapun, semua pecinta hewan yang bertanggung jawab akan setuju bahwa memukul anjing anda ketika anda marah sama sekali tidak ok. Kecuali anda ingin membesarkan anjing yang takut pada anda, janganlah memukul, menampar, atau menendang anjing anda, bahkan ketika ia menjatuhkan tong sampah dan menarik daging dari sup bakso ke selimut bersih anda. Jangan lakukan hal itu.

    12. Anthropomorphizing
    Kebanyakan pemilik anjing suka memperlakukan anjing seperti bayi (dan anjing menyukainya), anjing bukan manusia, anjing adalah anjing. Anthropomorphizing merupakan sebuah tindakan menganggap karakter manusia kepada seekor hewan. Beberapa contoh termasuk “Saya tidak dapat mensterilkan anjing saya, ia akan membenci saya karena mengambil kejantannya,” “Saya harus membiakkan anjing betina saya, ia sedih karena ia rindu menjadi seorang ibu,” “Saya dapat mendisiplinkannya untuk kesalahan yang ia lakukan tiga jam yang lalu, ia tahu apa yang ia lakukan, lihatlah ia!” Baik, seperti contoh pertama, anjing memiliki konsep tidak tahu akan identitas seksual, jadi pendapat tersebut tidak lagi berlaku.

  3. Merantai Anjing
    Bukan merupakan sebuah masalah untuk meletakkan anjing anda diluar untuk berlarian atau untuk buang air dan bermain diluar, tetapi seharusnya tidak ada anjing yang diikat di area pohon dengan luas lima kaki sepanjang hidupnya. Anjing yang di rantai pada umumnya akan menjadi lebih agresif dan ketakutan. Di beberapa negara bahkan memiliki undang-undang terhadap pengikatan anjing. Jika anda tidak memiliki waktu untuk memberikan olahraga untuk anjing anda dan perhatian, inilah waktunya untuk mencari rumah baru baginya dengan orang yang dapat memberikannya perhatian.

    14. Memberikan Makanan Manusia Ketika Anda Makan
    Hal ini yang menyebabkan anjing meminta! Jika anda memberikan anjing anda makanan dari piring anda, janganlah kaget atau marah ketika ia tidak akan membiarkan anda makan sendirian. Mungkin terlihat lucu ketika anda melemparkan pop corn kearahnya ketika anda mengunyah di sofa, tetapi kecuali anda menginginkannya menemani anda, di meja makan, sisakan makanan manusia yang anda ingin berikan kepada anjing anda, dan berikan kepada anjing anda setelah anda selesai mengunyah.

    15. Menyerah!
    Banyak sekali orang berpikir “Saya tidak dapat melatih anjing ini, ia tidak mungkin dilatih, saya menyerah” bahkan sebelum anjing tersebut berusia setahun! Anda tahu tahu ketika mereka mengatakan “anak-anak akan selalu menjadi anak-anak?” Ya, anak anjing akan tetap menjadi anak anjing. Berikan kesempatan bagi mereka untuk tumbuh, pastikan anda tidak membuat kesalahan-kesalahan diatas, dan jika hal tersebut gagal, ikutilah anjing anda di pelatihan perilaku. Ada sangat, sangat, sangat kecil jumlah anjing yang tidak dapat dilatih di luar sana, dan kebanyakan dari mereka berada di posisi tersebut dikarenakan hasil penganiayaan selama bertahun-tahun, bukan sikap keras kepala.

Advertisements